ollaaaaaaaaaaaaaaa ....

^_^

Jumat, 01 Januari 2010

TUGAS... SIM ^_^

1. Apa dampak dari peningkatan produktivitas sekretaris dan pegawai administrasi tanpa laba perusahaan dan bagaimana dengan peningkatan produktivitas dari pekerja terdidik !

2. Pendekatan yang mana yang menawarkan potensi laba yang besar !

Jawab :

1. Dampak dari peningkatan produktifitas sekretaris jika dilihat secara global, dampak positifnya adalah jika suatu perusahaan yang mempekerjakan sekretaris dengan produktifitas tinggi maka hal ini dapat menguntungkan perusahaan karena dengan biaya upah rendah perusahaan sudah mendapatkan sekretaris yang professional.

Dan dampak administrasi perusahaan tanpa laba adalah laporan keuangan tidak akan menemukan perhitungannya karena laba merupakan pelengkap laporan utama dalam laporan keuangan. Dalam perhitungan laba menyajikan informasi yang berguna untuk:

- menilai keberhasilan opersai perusahaan, dan efesiensi manajemen dalam mengelola perusahaan

- membuat estimasi atau taksiran laba di masa yang akan datang

- menilai rentabilits dan profitabilitas dari modal yang ditanam oleh para pemilik didalam perusahaan.

Dan dengan peningkatan produktivitas pekerja terbidik. Dalam pandangan penetapan upah minimum memungkinkan tenaga kerja meningkatkan nutrisinya sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitasnya. Peningkatan upah juga memungkinkan buruh untuk menyekolahkan anaknya dan memberi nutrisi yang lebih baik bagi anak-anaknya. Keduanya dalam jangka panjang akan memberi dampak yang besar terhadap peningkatan produktivitas. Tetapi, bagaimana mengatasi masalah penyerapan tenaga kerja dalam jangka pendek (masa transisi), karena dampak peningkatan nutrisi terhadap produktivitas membutuhkan waktu?.

Pandangan teori ekonomi neoklasik sejalan dengan temuan empirik baru yang dihasilkan SMERU Research Institute dan Direktorat Ketenagakerjaan Bappenas. Ditemukan (i) hanya 40 persen unit usaha di Indonesia yang membayar upah sesuai ketentuan upah minimum; (ii) kenaikan upah minimum mempunyai hubungan negatif terhadap kesempatan kerja di sektor formal perkotaan. Setiap 10 persen kenaikan upah minimum mempunyai asosiasi dengan pengurangan kesempatan kerja 1,1 persen; (iii) kenaikan upah minimum lebih dinikmati buruh terdidik (white collar workers) dibanding buruh tidak terdidik (blue collar workers) karena perusahaan cenderung melakukan substitusi antartenaga kerja dan antara tenaga kerja dan mesin.Masalah lain adalah metode perhitungan upah minimum regional. Pertama, ada perbedaan nyata dari produktivitas antarsektor. Sektor-sektor yang menggunakan buruh terdidik umumnya telah membayar upah jauh di atas upah minimum karena hal ini mencerminkan produktivitas sektoralnya. Tetapi, banyak sektor lain yang produktivitasnya ada di bawah upah minimum sehingga kebijakan ini akan memukul sektor ini yang umumnya adalah sektor padat karya.

2. Dalam mendapatkan laba yang besar dalam perusahaan adalah dengan melakukan pendekatan pada pasar dan penjualan.

Pasar adalah tempat bertemunya penawaran dan permintaan. Pasar persaingan sempurna ( perfect competition market ) adalah suatu bentuk struktur pasar yang bercririkan banyak pembeli, produk – produk yang homogen, pasar bebas untuk dimasuki atau ditinggalkan, dan pengetahuan pembeli dan penjual tentang pasar sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna ( imperfect competition market ) adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh satu penjual atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar.

- Pasar monopoli

Monopoli adalah suatu bentuk struktur pasar yang mempunyai ciri – ciri :

- Satu perusahaan dan banyak pembeli

- Tidak terdapat produk subtitusi

- Adanya hambatan untuk memasuki pasar

Pada dasarnya, tujuan perusahaan monopoli dalah memaksimalisasi laba. Hal ini dapat dicapai dengan adanya pengetahuan yang lengkap ttentang permintan dan biaya produksi yang relevan. Oleh sebab itu, perusahaan monopili akan memproduksi barang pada kombinsi harga dan output saat biaya marginal ( marginal cost ) sama dengan pendapatan marginal ( marginal revenue ).

Penjualan adalah suatu transaksi yang dilakukan setelah melalui proses pendekatan pasar dan produksi. Dalam penjualan untuk menetapkan harga jual merupakan hal yang penting dan tidak mudah untuk ditentukan hal ini disebabkan karena bnyak faktor yang bersifat tidak pasti. Pada dasarnya harga jual di formulasikan untuk dapat menutup biaya penuh yang bersangkutan serta menghasilkan laba yang dikehendaki.

Dalam penentuan harga jual kita membutuhkan informasi biaya penuh, dimana manfaat dari informasi ini adalah :

- Merupakan titik awal untuk mengurangi ketidakpastian

- Memberikan perlindungan bagi perusahaan dari kerugian

- Memungkinkan untuk melihat biaya yang dikeluarkan pesaing

- Dasar untuk pengambilan keputusan memasuki pasar

Serta pada metode penentuan harga jual normal, menggunakan metode cost plus pricing, dimana pada metode ini harga jual ditetapkan dengan menambah biaya masa yad dengan suatu prosentase mark up yang dihitung dengan formula tertentu.

Harga jual = taksiran biaya penuh + laba yang diinginkan

Taksiran biaya penuh > full costing dan variable costing

Laba yang diinginkan > cost of capital, resiko bisnis, capital employed.

1 komentar:

  1. kabar baru nih,,,,,,,saat ini metode pembelajaran ilmu komputer sudah sangat praktis, belajarnya bisa kapan saja, dimana saja, dan hanya ada di www.asianbrilliant.com atau cari di google kursus
    komputer
    , kursus online, kursus, tempat kursus

    BalasHapus